Selasa, 13 Desember 2016

Sistem Cerdas Pada Vending Machine

Apa itu Sistem ?
Sistem adalah sekelompok komponen dan elemen yang digabungkan menjadi satu untuk mencapai tujuan tertentu. Ada banyak pendapat tentang pengertian dan definisi sistem yang dijelaskan oleh beberapa ahli.

Apa itu Teknologi ?
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan, dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana.


Apa itu Sistem Cerdas ?
Sistem cerdas adalah sistem yang dapat mengadopsi sebagaian kecil dari tingkat kecerdasan manusia untuk berinteraksi dengan keadaan eksternal suatusistem.

Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

Vending Machine

Image result for Vending Machine

Apa itu Vending Machine?
Vending Machine adalah mesin yang digunakan untuk mengeluarkan/menjual produk secara otomatis tanpa ada operator. Operator tidak perlu menunggu mesin, tetapi hanya bertugas untuk mengisi, memeriksa ketersediaan barang yang dijual dan memeriksa mesin.

Awal mula Vending Machine
Vending Machine menurut sejarahnya ditemukan pada abad pertama oleh seorang pahlawan dari Alexandria. Vending Machine modern pertama kali diperkenalkan di London pada tahun 1880, vending machine ini menjual kartu pos. Sedangkan di US pada tahun 1888 dibuat vending machine untuk menjual permen karet, mesin dibuat oleh Thomas Adams Gum Company yaitu perusahaan pembuat permen karet. Perkembangan vending machine justru berkembang pesat di Jepang. Dimana hampir segala kebutuhan sehari-hari jika bisa di buat vending machinenya.

Kemajuan teknologi yang sangat pesat sangat memanjakan manusia dalam mengatasi setiap masalah mereka. Berikut adalah video Vending Machine yang sangat canggih.

Penerapan
Vending Machine ini memanfaatkan Koin sebagai pemantik signal atau pemicu signal yang memberikan hitungan mundur kepada sistem. Dimana bila hitungan sudah mencapai angka nol (0) alias jumlah koin sudah sesuai dengan yang diminta oleh mesin, maka mesin akan memulai operasinya.
Gerakan operasi bisa bermacam-macam, tergantung dari mesin apa yang dikontrol. Pada sistem control yang dibuat oleh mesin Carmel, setelan jumlah koin dan waktu dapat dilakukan dengan mudah untuk mengantisipasi setiap perubahan yang diinginkan.

Manfaat dari Vending Machine ini untuk para penyedia jasa (Bisnis) sangat dibutuhkan karena Anda tidak memerlukan karyawan dan bisa buka 24 jam dengan menggunakan Vending Machine.
Vending Machine tidak memerlukan area yang luas.Cukup tempat untuk meletakkan Vending Machine.
Yang ketiga, sistem keamanan bisa dibangun pada unit Vending Machine untuk mengantisipasi kecurangan pembeli, pencurian, hingga perusakan Vending Machine.

Sumber  :
http://rdwiputranda.blogspot.co.id/2016/11/sistem-cerdas.html
http://yunisaranias.blogspot.co.id/2016/11/contoh-contoh-sistem-cerdas.html
http://taratri.blogspot.co.id/2016/11/artikel-3-contoh-sistem-cerdas.html
http://iskameutia.blogspot.co.id/2016/10/teknologi-sistem-cerdas.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar